Minggu, 09 Desember 2007

Makna Shalat

Dengan nama Allah Maha Pengasih dan Mahapenyanyang
"Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan al-Kitab serta mendirikan shalat, karena sesunguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan." (al-A`raf: 170)
Nabi saw bersabda, :Perbuatan ruku` dan sujud ibarat mengetuk pintu gerbang alam ghaaib. Tatkala seseorang terus-menerus mengetuk pintu tersebut, niscaya dirinya akan diliputi kebahagiaan tiada tara."
Ibadah shalat pada dasarnya merupakan ajang untuk mendekakan hubungan seseorang dengan Tuhannya, atau antara Pencipta dengan mahluk-Nya. Dalam hal ini, ibadah shalat memiliki pengaruh terapis terhadap manusia. Terlebih terhadap mereka yang hatinya hancur, bersedih lantaran dihimpit kesulitan, atau merasa jiwanya terganggu dan tertekan. Ibadah sahalat menjadikan ruh kita tenang dan pikiran kita damai. Ibadah shalat merupakan langkah awal yang tulus dalam upaya menghentikan segenap kejahatan serta kebiasaan buruk seseorang. Dan pada gilirannya, ia akan menggantikannya dengan pelbagai tindakan positif dan bermanfaat.
Ibadah shalat merupakan program kejiwaan untuk menemukan, mengembangkan, dan merekontruksi jati diri manusia. Pendeknya, ibadah shalat merupakan merupakan sarana penghubung manusia kepada sumber utama segenap kebaikan, yakni Allah. Mengapa ibadah shalat sangat dipeintahkan dan dianggap sebagai pilar utama Islam? Mengapa seluruh amal shalih seseorang tidak dinilai kecuali ia menunaikan kewajiban shalat hariannya? Adakah manfaat lain dibalik pelaksanaan ibadah shalat harian kita? Tentu saja, shalat harian mengandungi manfaat dari pelbagai sisi. Kita akan menelaah lebih jauh tentangnya.
Pertama, marikita mencari tahu tentang tujuan penciptaan manusiadari sudut pandang Islam. Persoalan ini bahkan menjadi pusat perhatian Islam. Kita percaya bahwa Allah yang Mahakuasa menciptakan kita, manusia, demi suatu tujuan.
Maksudnya, manusia diharuskan untuk mengikuti jalan yang lurus dan meraih tujuan tertentu. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar mengenal arah dari tujuan tersebut dan senantiasa mengendapkannya dalam benak. Ketahuilah, barang siapa yang teguh hati niscaya tidak akan kehilangan pandangan obyektifnya dan akan terus melangkah diatas titian yang lurus. Namun tetaplah waspada!
Disamping jalan lurus tersebut, terdapat pula berbagai jalan lain yang terkadang amat mirip dengannya, namun tidak berujung pada tujuan yang dimaksud. Ya, ia harus segera meninggalkan semua itu. Untuk lebih yakin dan aman, seyogianya mereka mengikuti segenap perintah dan anjuran pemimpin. Maksud dan tujuan dari semua itu adalah terjadinya pertumbuhan dan perkembangan terus menerus pada diri manusia dalam proses kembali kepada Allah. Kita harus berusaha mengembangkan segenap potensi kita yang tersembunyi setingi mungkin.
Hasilnya, kita akan menemukan kembali jati diri kita serta sanggup memanfaatkan seluruh keahlian kita demi kebaikan diri. Demikianlah, kita harus mengenal Allah dan mematuhi ketetapan-Nya demi terciptanya kebahagiaan hidup. Dengan mengikuti suatu ajaran, seseorang akan memperoleh nilai lebih bagi kehidupannya. Menghidupkan berbagai kebiasaan baik san membuang yang buruk akan menjadikan kehidupan seseorang penuh makna. Hidup tanpa kehatian-hatian tiada berguna dan sia-sia belaka. Disini kita bisa membandingkan kehidupan kita dengan belajar disekolah atau bekerja disebuah laboratorium. Kita semua tahu, seseorang tidak akan mendapatkan apapun dari pelajaran atau pekerjaannya itu apabila tidak mematuhi segenap aturan dan prosedur yang diberlakukan. Demikian pula dngan mengikuti pelajaran disekolah kehidupan.
Dalam hal ini, kita diharuskan untuk menelaah dan memahami segenap hukum dan prinsip hasil rumusan Allah. Dngan mematuhi dan menerapkan segenap hukum tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kita niscaya akan mengecap keberhasilan. Melalaikannya, atau bahkan menentangnya, hanya akan menghasilkan penderitaan. Bukan yang lain. Agama menyediakan arah dan petunjuk bagi umat dalam mencapai tujuan hidupnya. Dan, lebih penting dari itu, agama mendekatkan manusia kepada Tuhan.
Kedekatan kepada Allah merupakan sebaik-baiknya keadaan yang harus ditempuh umat manusia. Dengan mengingat Allah, kita akan mengetahui tempat yang akan dituju. Allah Mahasempurna dan lambang kebaikan absolut. Mengingat Allah akan menjadikan kita menempuh arah yang benar. Selain pula akan menjulangkan semangat dan keyakinan kita, mengurangi ketakutan dalam menghadapi kesulitan dan mencegah dari kesesatan. Masyarakat Islam, secara keseluruhan maupun individu, tentunya sanggup meniti jalan para nabi atau mematuhi segenap doktrin Islam kalau saja mau mengingat Allah. Inilah mengapa Islam senantiasa berusaha mengingatkan manusia akan keberadaan Allah.
Salah satu cara efektif untuk itu adalah menegakkan shalat harian. Banyak inspirasi serta daya tarik yang menghunjam diri seseorang yang menunaikan ibadah shalat. Berbagai pertanda, isyarat dan rangsangan niscaya muncul demi menjadikannya sanggup memahami makna kehidupan ini. Dalam keseharian hidup, kita jarang menjumpai orang yang benar-benar memikirkan tentang apa yang sesungguhnya terjadi. Bergumul dengan kehidupan yang bising dan tak karuan semacam itu menjadikan seseorang nyaris tak punya waktu luang untuk berpikir dan merenung. Jam demi jam, hari demi hari, minggu demi minggu dan bulan demi bulan berlalu dengan cepat tanpa interupsi. Kita tak tahu lagi, mana awal dan akhir dari periode kehidupan ini.
Kewajiban shalat harian berperan sebagai alat pengingat yang memberitahukan kita tentang berjalannya waktu. Ia tak ubahnya sebuah program yang dimaksudkan untuk menyadarkan kita pada kenyataan bahwa hari-hari yang kita jalani akan dihisab, kehidupan ini hanyalah sebentar, sementara kita masih harus menempuh perjalanan panjang. Tugas tersebut sungguh sangat berat.
Padahal, batas-batas kehidupan kita semakin hari semakin dekat. Karena itu, seyogianya kita bersikap lebih bijak dalam menghadapinya. Dibawah tekanan hidup sehari-hari, seseorang akan mudah kehilangan pandangan dan tujuan hakikinya. Dalam keadaan demikian, mustahil kita selalu mengingat seluruh janji dan tanggung jawab yang harus diemban. Ini diperparah dengan sangat sedikitnya figur-figur dalam masyarakat yang layak diikuti dan diteladani. Dengan keterbatasan dan kurangnya disiplin diri, kita tentu tidak akan sanggup menunaikan seluruh kewajiban yang diajarkan Islam. Disinilah arti penting ibadah shalat harian.
Ibadah ini merupakan ringkasan padat dari segenap rangkaian doktrin Islam. Ya, shalat adalah miniatur Islam yang memantulkan prinsip-prinsip utama Islam melalui gerakan-gerakan dan langkah-langkah yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam banyak hal, sekalipun ditingkat permukaan, terdapat kemiripan antara shalat dan lagu kebangsaan. Tentu saja, keduanya memiliki perbedaan dalam hal makna ruang lingkup. Lagu kebangsaan suatu negeri, yang mengandung sejumlah prinsip ideologi dan nilai-nilai sosial budaya lainnya, menyimpan ide-ide segar. Dengan terus mengualng-ngulangnya, ide-ide tersebut akan merasuki hati dan pikiran para pendengarnya, yang pada gilirannya akan membentuk watak tertentu.
Mengumandangkannya secara bersama-sama akan mengentalkan dan mengokohkan kepercayaan serta keterikatan mereka terhadap negeri dan idealisme yang dijunjungnya. Mereka bersatu, berani dan siap menjalankan kewajibannya. Singkatnya, ibadah shalat merupakan jalan Islam yang memunculkan perhatian seseorang terhadap prinsip-prinsip utama, kewajiban-kewajiban, tanggung jawab, sekaligus cara untuk melaksanakannya.
Sepanjang hari seorang muslim diwajibkan untuk menunaikan shalat; mulai dari subuh, tengah hari, sore dan malam hari. Dalam keadaan itu, seorang hamba akan mengulang-ngulang segenap prinsip utama, tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran akhir Islam. Dan pada akhirnya, ia akan mengetahui tugas-tugas serta tanggung jawabnya. Ia senantiasa menilai seluruh perbuatannya dan berusaha mengarahkan dirinya kejalan yang lurus. Inilah fungsi shalat harian. Dengannya, seorang muslim hakiki secara bertahap akan sanggup menggapai status kemanusiaan dan spiritualitas tertinggi. Nabi saw bersabda, "Shalat adalah mi`rajnya orang mukmin."
Umat manusia akan menempuh perjalanan panjang dan membosankan dalam mencapai kesejahteraan dan keselamatan hakiki. Semua itu seyogianya menjadi tujuan serta maksud dari keberadaannya. Namun pada kenyataannya, jalan menuju tujuan tersebut tidak hanya satu. Dengan kata lain, banyak tersedia jalan lain yang mengarah kesana; sebagiannya sangat gamblang dan menarik, sebagian lainnya berbahaya, dan sisanya samar-samar.
Keadaan ini tentu akan menyulitkan sekaligus membingungkan siapapun yang bermaksud menempuh jalan yang benar. Untuk membebaskan diri dari kebimbangan tersebut, seseorang tentu memerlukan kejelasan tentang tujuan akhir, peta yang baik serta petunjuk arah yang sesuai. Kini jelas sudah bagi kita tentang teramat pentingnya ibadah shalat lima waktu. Memberi ruh berbagai santapan bergizi, ibarat memberi tubuh makanan bergizi beberapa kali dalam sehari. Setiap kali menunaikan ibadah shalat, seseorang sangat dianjurkan untuk mengumandangkan ayat-ayat suci al-Qur`an.
Maksudnya agar orang-orang yang menunaikan shalat menjadi akrab dengan al-Qur`an dan memikirkan segenap konsepnya yang mendasar. Ibadah shalat wajib harian dengan semua ruku`nya, sekalipun dalam skala kecil, mencerminkan keberadaan Islam yang dinamis. Islam jelas-jelas memiliki perhatian terhadap keadaaan tubuh, pikiran dan jiwa setiap individu masyarakat. Unsur-unsur tersebut ditempatkan sesuai fungsinya masing-masing demi menciptakan kesejahteraan umat manusia. Selama menunaikan shalat, tubuh, pikiran dan jiwa seorang hamba akan menjalankan fungsinya masing-masing.
Tubuh melaksanakan berbagai aktifitas ragawi; menggerakkan tangan, kaki, lidah, ruku`, duduk berdiri dan sujud. Sementara pikiran bertugas untuk menelaah makna kata, kalimat, serta pernyataan, sekaligus juga merenungkan landasan serta pokok-pokok keislaman. Adapun jiwa sihamba bertugas untuk merenungkan keberadaan Tuhan, mencariinspirasi, serta menghayati kedekatannya dengan Tuhan. Kerendahan hati dan ketakutan kepada-Nya merupakan prestasi yang dicapai seseorang yang senantiasa membersihkan jiwanya. Telah dikatakan bahwa pemujaan merupakan rangkuman serta intisari setiap agama.
Demikian pula halnya ibadah shalat dalam Islam. Pemaduan jiwa dan tubuh, subtansi dan makna, serta kehidupan dunia dan hari akhir merupakan ciri menonjol dari agama Islam. dengan bantuan kekuatan diri yang terpadu lewat penegakan ibadah shalat secara sempurna, seorang muslim akan mampu menggapai kedudukan yang luhur. Ya, seorang `abid(ahli ibadah) hakiki akan mampu mengendalikan hasrat-hasrat rendah dan godaan-godaan setani lainnya. Namun bukan hanya pelaksanaan ibadah shalat yang membuahkan segenap manfaat tersebut. Persiapan untuk melaksanakan shalat juga memiliki pelbagai hikmah dan manfaat tersendiri. Dalam hal ini, al-Qur`an justru lebih banyak mengungkap perihal persiapan untuk menunaikan ibadah shalat ketimbang proses pelaksanaannya.
Misalnya, seorang hamba yang mengumandangkan azan. Dengannya, ia tengah mengingatkan sesamanya untuk segera menegakkan shalat. Lebih dari itu, ia bermaksud mempengaruhi orang lain untuk mengingat Allah dan untuk merenungkan apa yang sedang dilakukan dan apa yang seharusnya dilakukan.
Kalau kita melihat keadaan seorang hamba dari dekat, kita akan menjumpai adanya perubahan sikap pada dirinya, baik yang berkenaan dengan perkataan maupun perbuatannya. Dengan kata lain, dirinya benar-benar memancarkan cahaya Ilahi. Cakrawala disekililingnya dan daya tarik perbuatannya mengundang banyak orang untuk hadir bersama-sama menunaikan shalat.
Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa seorang mukmin hakiki maupun sekumpulan ahli ibadah yang senantiasa berdiri dalam barisan shalat wajib harian niscaya akan terhindar dari pelbagai problem serta penyakit soosial seperti kejahatan, korupsi dan tindakan-tindakan amoral lainna. Sesungguhnya shalat mencegah manusia dari perbuatan-perbuatan keji.
Dalam pergulatan hidup sehari-hari, kita tentu merasakan sendiri betapa sulitnya memerangi pelbagai godaan, hasrat, kebutuhan, dan dorongan nafsu. Satu-satunya senjata yang harus dimiliki seseorang demi membungkam semua itu adlah kekuatan kehendak dan pengendalian diri. Pada saat yang sama, kekuatan jahat akan berusaha memalingkan dirinya dari jalan yang lurus. Dengan hilangnya kendali diri, seseorang pada dasarnya tengah membuka peluang lebar bagi kekuatan jahat untuk menyesatkannya.
Setan lebih mengincar dan menyukai orang-orang yang ingin berbuat demi kemanusiaan atau membuat sesuatu yang bersejarah. Untuk itu, lebih dari yang lain, mereka harus senantiasa bersikap waspada dan berhati-hati. Itu dimaksudkan agar semangat serta tujuan hidup mereka tidak sampai goyah. Ibadah shalat dalam Islam mengandung kekuatan yang sungguh luar biasa dan menakjubkan. Dengan kata lain, ibadah shalat menghubungkan kaum lemah dan tertindas dengan Allah yang Mahakuasa, sumber segala kebajikan.
Ketika hubungan tersebut telah terbina, seseorang akan merasakan dirinya jauh lebih kokoh, tegar dan stabil. Siapapun tentu bisa memanfaatkan shalat demi mengubah kelemahan menjadi kekuatan serta demi memperbarui keyakinan dan semangatnya. Selama masa kebangkitan Islam, Nabi saw harus menghadapi sekumpulan orang jahil dan pembangkang. Beliau saw kemudian diperintahkan Allah untuk menunaikan ibadah shalat malam.
"Hai orang yang berselimut, bangunlah dimalam hari, kecuali sedikit , seperduanyaatau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah al-Qur`an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat," (al-Muzzamil:1-5)
Rahasia Dibalik Shalat karya Imam Ali Khameinei

Tidak ada komentar: