Sabtu, 10 Mei 2008

Batiniah Membaca Quran

Hendaknya manusia ingat kepada keagungan firman dan tingginya kedudukan al-Quran, juga mengingat keutamaan kalam Ilahi dan pandangan kasih sayang-Nya terhadap mahluk-Nya. Yang telah diturunkan-Nya dengan penuh kehormatan dari Arsy kesucian.
Ketika membaca al-Quran, hendaknya manusia ingat bahwa apa yang sedang dibacanya itu bukanlah perkataan manusia, melainkan firman Allah yang Mahabesar serta Pencipta mentari dan rembulan. Tidaklah pantas menyentuh jilid, lembaran dan kalimat2nya tanpa bersuci dan tidak pantas pula membaca al-Quran dengan lisan yang tidak bersih.
Sesaat sebelum membaca al-Quran, hendaknya manusia merenungkan sifat2 dan perbuatan2 Allah. Salah seorang ulama ketika membuka al-Quran dan hendak membacanya, mengucapkan, "Inilah firman Tuhanku, inilah firman Tuhanku....." dan beliaupun jatuh pingsan.
Hendaknya manusai membaca al-Quran dengan penuh kesedihan dan kelembutan hati. Sebab, telah diriwayatkan dari Imam al-Shadiq(Ja"far bin Muhammad-Imam VI)bahw orang yang membaca al-Quran itu memerlukan 3 hal;
1. Hati yang khusuk.
2. Tubuh yang bebas(tak disibukkan dengan pekerjaan lain).
3. Tempat yang sunyi.
Karena hatinya khusuk, setan akan lari darinya. Karena tubuhnya tidak lagi disibukkan oleh berbagai urusan, hatinya akan mengarah kepada bacaan al-Quran dan tak ada sesuatupun yang menghalanginya, yang dapat menjauhkan dari cahaya dan manfaat2 al-Quran. Karena sudah terbiasa ditempat sunyi dan mengisolasi diri dari mahluk, maka batinnya akan dekat dengan Allah dan dapat merasakan manisnya perkataan2 Allah yang ditujukan kepada hamba2-Nya yang saleh.
Dan dikarenakan telah mereguk minuman dari sumber air ini, seseorang takkan mencari keadaan yang lebih baik darinya. Tak ada saat yang lebih nikmat dari saat membaca Quran. Sebab, pada saat itulah seseorang dapat bermunajat langsung tanpa perantara dengan Sang Pencipta.
Kisah-kisah Al-Quran (Dastanha az-Quran), hal; 469-471(590 halaman), karya: Qasim Mir Khalaf Zadeh
Penerbit; Penerbit Cahaya
Jl. Siaga Dharma VIII, no; 32E
Pasar Minggu-Jakarta Selatan
Telp: 021-7987771 (08121068423)
Fax: 021-7987633
Email; pentcahaya@cbn.net.id

Tidak ada komentar: