Sabtu, 21 Juli 2007

Merubah embun jadi lautan cinta

Setiap muslim mengetahui rasulnya, namun terjadi perbedaan pandangan dalam langkah mereka unuk mewujudkan rasa cintanya kepada rasul tercintanya. Kadang dengan memegang teguh sabdanya atau hadis, sekelompok pemikiran memandang cara mencintai beliau saw dengan cara yang sebagaimana terukir didalam sabda beliau saw, dan adapula yang memandang hal-hal yang sesuai akal, hati dan ukum alam sebagai hadis beliau saw yang tersembunyi. Sekaitan dengan mencintai Rasulullah saw, ada dari sebagian kaum muslimin yang selalu memperingati hari kelahiran beliau saw, sebagai hari yang memiliki berkah dan manfaat yang besar, bahkan ada sebagian kaum muslimin yang mengenang saat meninggalnya beliau saw. Namun ada juga sebagian muslimn yang menyatakan peringatan kelahiran dan kematian beliau saw sebagai bid`ah.
Ada beberapa hal yang bisa mengantar seseorang dalam usahanya untuk mencintai Rasulullah saw, diantaranya:
1 .Keberadaan
Dengan keberadaan sesuatu maka akal akan mampu mengenali sesuatu tersebut, yang kemudian akan menyimpan bentuk/wujud sesuatu tersebut didalam akalnya.
2 .Nama
Nama memiliki arti sebagai tanda, yakni hal yang mampu menyebabkan akal mengenali suatu wujud. Dengan nama akan mempermudah bagi akal untuk mengenali suatu wujud tertentu yang jelas memiliki ciri khas tersendiri, dimana akal dalam sistem kerjanya beranjak dari hal-hal yang zahir atau materi.
3 .Kelahiran
Dengan mengetahui awal keberadaan atau kelahiran seseorang maka akan lebih mempemudah bagi akal untuk mengetahui siapa yang dimaksud, apalagi bila kelahiran ini tertuju pada diri Rasulullah saw. Dengan mengenang atau memperingati kelahiran beliau saw jelas akan menumbuhkan benih cinta pada diri beliau saw, apalagi didalam kelahiran beliau saw menyimpan suatu peristiwa yang menakjubkan bagi hukum alam dan sejarah kehidupan manusia. Dan bahkan dalam kelahiran beliau saw terkandung berkah yang maha besar bagi kehidupan manusia.
4 .Ayah-ibu(leluhur)
Rentetan sejarah unik yang terjadi pada leluhur Rasulullah saw memiliki andil dalam memupuk cinta kepada Rasulullah saw, dengan sejarah harum dari leluhur Rasulullah saw, maka akan membantu calon pecinta Rasulullah saw untuk semakin memantapkan kaki cintanya dalam gairah cinta kepada Rasulullah saw.
5 .Sifat
Mengetahui sifat Rasulullah saw, merupakan hal yang pasti dan hal yang sangat utama. Apalagi beliau saw sebagai manusia teladan bagi seluruh alam, dimana setiap detik perilaku dan ucapannya merupakan rujukan bagi setiap insan yang berakal. Semakin banyak sifat beliau yang diketahui seseorang dan mencoba untuk dijadikan teladan dalam hidupnya maka tingkat kecintaannnya kepada Rasulullah saw akan semakin besar dalam hidupnya.
6 .Bentuk fisik
Mengetahui bentuk fisik Rasulullah saw adalah juga faktor yang membantu bagi seseorang dalam usahanya untuk mencintai Rasulullah saw, apalagi beliau saw tergambarkan sebagai bentuk ciptaan yang sempurna da yang paling indah dari seluruh ciptaan mahluk-Nya.
7 .Pemikiran dan sejarah hidup
Cermin yang sangat besar dalam mempengaruhi seseorang dalam usaha cinta adalah mengetahui kehidupannya yang kan menjadi acuan seseorang untuk menduplikatkan diri dengan Rasulullah saw, yakni perjuangan yang cemerlang dan berbagai langkah dalam menghadapi besarnya rintangan menuju keberhasilan tujuan hidupnya.
8 .Warisan
Dengan melihat berbagai peninggalan Rasulullah saw bisa untuk memperdalam kecintaan kepada beliau saw, yang kan mengajak seseorang larut dalam kehidupan sederhana nan agung lewat saksi bisu yang biasa lekat dalam kehidupan Raasulullah saw.
9 .Ilmu
Lewat telaah yang mendalam terhadap hadis Rasulullah saw, maka akal manusia akan mengakui betapa tngginya ilmu beliau saw. Sehingga akan memaksa akal seseorang untuk tunduk dalam hal berbagai hujjah yang dimiliki Rasulullah dalam menjawab setiap permasalahan yang diajukan kepada beliau saw. Dan letak dasar cinta adalah tunduknya akal terhadap yang dicinta, yakni: Muhammad saw.
10.Kematian
Ujung kemuliaan seseorang terletak pada akhir hidupnya, hal inipun tidak terlepas pada diri yang sempurna yang juga dalam kematiannya dalam keadaan manusiawi yang sempurna dan mulia. Dalam menjelang kematiannya, beliau saw menempatkan wasiat dalam memperhatikan pentingnya kemanusiaan disamping keakhiratan.
Sejarah telah mencetak dengan tinta emas dan keagungan tiada banding pada nama Rasulullah Muhammad bin Abdullah saw. Kelahiran yang mampu mengguncang seluruh alam dan juga tersemat keberkahan yang tak terlukiskan, adalah hal yang patut untuk diabadikan dan ditampakkan keagungan kelahiran beliau yang unik. Sehingga keberkahan beliau lewat kelahirannya bisa dirasakan kembali oleh insan yang belum mendapat kesempatan mencicipi keberkahan yang ada didalam kelahiran mulia beliau saw. Dan agar setiap jiwa penentang ajaran beliau saw mampu tergetar hatinya akan keagungan kelahiran beliau saw yang penuh keajaiban tiada banding. Dengan Maulid Rasulullah saw pasti kan menambah daya cinta bagi pecinta Rasulullah Muhammad bin Abdullah saw.

Tidak ada komentar: