Sabtu, 26 Juli 2008

Keutamaan ASI

ASI nyaris menjadi makanan sempurna dan sangat berguna bagi anak. Melalui ASI, watak serta perangai ibu berpindah kepada anaknya. Anak yang meminum ASI lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit perut ketimbang anakyang tidak meminum ASI. Para psikolog meyakini bahwa ASI dapat menjadikan anak berbahagia dan bergembira.
Islam mewasiatkan agar para ibu meletakkan anaknya disebelah kiri ketika menyusui. Penelitian yang dilakukan di Universitas Cornel, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa sewaktu berada disebelah kiri pangkuan ibunya, seorang anak merasa nyaman dan tenang. Sebab, ketika berada dalam rahim, sang anak terbiasa mendengar suara detak jantung ibunya. Bersama detak jantung itulah ia menyerap makanan dalam rahim. Dengan meletakkannya disamping kiri, seorang anak akan dekat dengan jantung ibunya. Dan ia pun akan mendengar suara detak jantung ibunya tersebut sehingga membuatnya berbangga dan merasa tenang.
Islam juga mewasiatkan agar para ibu meletakkan tangannya dibawah tubuh anaknya ketika hendak menyusui. Itu dimaksudkan agar sang anak merasakan kehangatan tubuh ibunya. Perasaan ini jelas mempengaruhi pertumbuhan anak.
Islam yang hanif juga mewasiatkan agar proses menyusui dilakukan selama 2 tahun. Disamping itu sejumlah penelitian ilmiah menegaskan bahwa proses menyusui dalam rentang masa ini sudah memadai. Dengannya secara bertahap sang anak mulai terbiasa dengan sebagian jenis makanan pada paruh pertama usianya. Baru setelah 2 tahun seterusnya, ia akan benar2 terbiasa dengan seluruh jenis makanan.
Buaian Ibu, hal 78-79 (311 halaman), karya: Dr. Ali Qaimi
Penerbit; Penerbit Cahaya (Qorina)
Jl. Siaga Dharma VIII, no; 32E
Pasar Minggu-Jakarta Selatan
Telp: 021-7987771 (08121068423)
Fax: 021-7987633
Email; pentcahaya@centrin.net.id

Tidak ada komentar: