Minggu, 07 Oktober 2007

Dinding indah pada mata

Wajib, salah satu hukum bagi setiap insan yang berakal dalam mengarungi kehidupan agar hidupnya memiliki manfaat dan arti. Wajib ataupun kewajiban merupakan suatu ketetapan yang mengikat setiap ciptaan untuk melaksanakan kewajiban tersebut. Namun hal ini memiliki syarat pokok yang apabila tidak terpenuhi akan merubah suatu hal yang wajib kan menjadi suatu hal yang dihubungkan pada tujuan sang pelaku atau akibat.Beberapa hal yang menyebabkan suatu mahluk itu terbebani suatu kewajiban, diantaranya:
1.Berakal
Ini yang kan membedakan suatu pelaksana kewajiban bagi ciptaan Tuhan dengan yang lainnya.
2.Pengetahuan terhadap kewajiban tersebut
Bila setiap yang berakal tidak memiliki suatu pengetahuan suatu kewajiban tersebut, maka dirinya terbebas dari ketetapan Tuhan tersebut(kewajiban). Karna dengan pengetahuan tersebut setiap yang berakal kan menyadari bila dirinya telah memperoleh informasi tentang suatu kewajiban tersebut, sehingga dari informasi yang diterima merupakan bukti untuk dirinya mempertanggung jawabkan fungsi dari informasi atau pengetahuan tersebut dipengadilan.
3.Waktu
Dengan adanya waktu atau kesempatan atau peluang maka seseorang bisa untuk merealisasikan pengetahuan yang diterimanya dengan berbagai sarana yang mampu dikenali oleh panca indranya dengan dukungan hasrat atau gairah dirinya dalam menilai suatu kewajiban tersebut.
4.Kemampuan
Pabila semua hal diatas(3 syarat) telah tepenuhi dan pada seseorang memiliki kemampuan dalam pelaksanaan kewajiban tersebut, maka dirinya tidak memiliki alasan untuk tidak ataupun menolak melaksanakan suatu pengetahuan kewajiban. Maka sempurnalah bagi Tuhan untuk menurunkan balasan kepada setiap insan terhadap apa yang ditetapkan-Nya terhadap keberlangsungan sistem kehidupan.
5.Sayyidul alam(pemimpin)
Dengan adanya seorang pemimpin didalam kehidupan seseorang, maka seluruh perbuatan dirinya akan terhubung pada wilayah sang pemimpin, dimana salah satu fungsi adanya seorang pemimpin adalah mensyahkan ataupun menjadi saksi dan juga memberi nilai terhadap seluruh perbuatan orang yang menghubungkan diri berada dalam pimpinannya.
"Barang siapa mati tanpa mengetahui pemimpinnya, maka dirinya mati dalam keadaan jahiliah".

Tidak ada komentar: