Jumat, 02 November 2007

Kota Basrah

Kamu adalah pasukan seorang perempuan dan dipimpin oleh seekor hewan berkaki empat. Bila ia menggerutu, kamu menjawab, dan bila ia terluka kamu lari. Pribadimu rendah dan janjimu pecah. Agamamu nifak, Airmu payau dan yang tinggal bersamamu tercemar dosa dan yang meninggalkanmu akan mendapat rahmat dari Mahakuasa. Aku seperti melihat masjidmu mencolok bak anjungan kapal, dan Allah mengirim azab kepadamu dari atas serta bawah dan tiap orang yang berada diatasnya akan tenggelam.
Demi Allah, kotamu tentu akan tenggelam sedemikian rupa, sehingga aku melihat masjidnya separti bagian atas sebuah kapal atau seeor burung unta yang sedang duduk.
Ditinjau dari tanahnya, kptamu adalah yang paling berbau busuk diantara semua kota Allah, paling jauh dari langit.Ia mengandung sembilan dari sepuluh malapetaka. Siapa yang masuk kedalamnya akan dikungkung oleh dosanya. Dan yang keluar akan menikmati pengampunan Allah. Aku seperti melihat desamu ini telah ditelan air sehingga tiada lagi bagiannya yang terlihat kecuali bagian paling atas masjid yang muncul seperti punggung seekor burung dilaut yang dalam.
Bumimu dekat laut dan jauh dari langit. Akalmu telah menjadi ringan dan jiwamu menjadi dungu. Kamu menjadi sasaran pemanah, suapan untuk pemakan dan mangsa bagi pemburu.
Nahjul Balaghah-Ali bin Abi Thalib-Khotbah: 13

Tidak ada komentar: