Minggu, 07 September 2008

Gemirincing Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan yang unik, dan keunikannya sangat memukau setiap akal dan jiwa. Yang merasa memiliki ramadhan dimalam hari berduyun2 mengumandangkan kata amin sekeras mungkin atau sekhusu' mungkin. Tidak hanya didalam negri....namun ditempat yang ada predikat muslim, serentak dan berucap dalam satu kata....."Amin".
Keindahan shalat malam ramadhan telah menjadi agenda tahunan, yaaa shalat malam....setiap muslim suka dan bergairah dalam pelaksanaannya.
Tharawih...itulah istilah yang lebih membumi, salah deh.....apa perlu dikatakan melangit yaaaa.....?
Shalat khusus malam hari dibulan ramadhan....ah kok lucu rasanya.....kenapa yaaaa...
Kenapa tharawih khusus dibulan ramadhan......?
Bila benar tharawih itu shalat khusus malam hari dibulan ramadhan, apakah selain dibulan ramadhan tidak ada malam...? Atau tidak ada shalat malam hari dibulan selain ramadhan...?
Apakah tharawih itu peralihan dari tahajud yang dilakukan dibulan ramadhan..?
Shalat malam tetaplah shalat malam.....dikerjakan dibulan apa....tetap dia masih ada dan berhukum sunah pada taraf tertentu....
Tharawih atau shalat khusus dimalam bulan ramadhan adalah hal lain....dia adalah keindahan tersendiri bagi pecinta shalat malam, dimana setelah shalat malam harian terlaksana....sang hamba rindu akan senandung Ilahi dan belaian-Nya dalam ruku` dan sujudnya.
Entah berapa lama sang hamba bersujud....?
Entah kata apalagi yang ingin didengar dan ia lantunkan untuk berserinya wajah Ilahi dan tersemat senyum terkembang dibibir-Nya...?
Entah harus berapa kali sang hamba harus bersujud.....ruku'.....berdiri menunduk dan pasrah....agar Ilahi Rabby membelainya dan terngiang alunan firman-Nya ditelinga jiwa sang hamba.....?......tidak tak terbatas.....terserah Tuhan, kapan hal itu dianugerahkan....
Shalat malam(lail) atau tahajud, tetap beda dengan shalat tharawih....
Shalat malam dikerjakan setelah isya`, antara isya` dan shubuh.....
Shalat tharawih(shalat khusus malam hari bulan ramadhan) dikerjakan setelah shalat malam harian, setelah shalat malam harian baru bisa mengerjakan shalat tharawih hingga sebelum shubuh datang.....
Shalat malam harian + shalat tharawih + witir = shalat sunnah ramadhan (5 =/<...?..... rakaat)
Shalat malam harian + witir + shalat tharawih = shalat sunnah ramadhan (5 =/<....?.... rakaat)

Tidak ada komentar: