Selasa, 25 September 2007

Pendongkrak suatu amal

Seluruh yang dikerjakan manusia, kan memiliki nilai, dan nilai suatu perbuatan itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya:
1.Kecintaan kepada Allah SWT
Dasar cinta adalah pengetahuan terhadap sesuatu, begitu juga dengan kadar seseorang terhadap pengetahuannya kepada zat Allah SWT, maka sebesar itu pula kecintaannya kepada Allah SWT.Dengan kadarnya maka nilai perbuatan dirinya yang dimulai dari hati /akal/niat, akan ternilai sesuai dengan kualitas cintanya kepada Allah SWT. Semakin besar cintanya kepada sang Khalik azza wa`ala, maka semakin besar nilai perbuatannya yang kan diberikan kepada oleh Allah SWT, baik itu amal shaleh(baik) maupun buruk. Demikian juga bila pengetahuan atau kecintaannya kepada Allah SWT kecil/rendah, maka nilai pahala atau dosa dari perbuatannya akan kecil pula.
2.Kecintaan kepada Muhammad saw
Semakin besar pengetahuan terhadap sesuatu itu besar dan sempurna, maka nilai suatu tindakan akan semakin besar. Seluruh pengetahuan memiliki 2 jalur yang saling terhubung, yakni tingkat materi dan non materi. Tingkat materi selalu berdasar pada hal yang mampu dikenali dan dipahami oleh akalnya pada maqam materi atau panca indra. Sedangkan tingkat non materi adalah hal yang mampu dikenali akalnya pada maqam ruh(sesuatu yang tanpa dipengaruhi oleh ruang dan waktu/abadi). Dan penghubung kedua jalur tersebut adalah rasa cinta, dengan pengetahuan dasar yaitu besarnya pengetahuan pada jalur materi, maka akan mempengaruhi kualitas ruhnya.
3.Kecintaan kepada seorang imam(khalifah)
4.Pengetahuan terhadap suatu amal
5.Nia
6.Tujuan
7.Keadaan/kondisi
8.Banyak(besarnya) amal/perbuatan
9.Dampak/efek terhadap diri dan lingkungan
10.Banyak(besarnya) peniru amal/perbuatan yang dilakukannya

Tidak ada komentar: