Jumat, 01 Mei 2009

Legenda Ibrahimi di Lelangit

Setiap agama wahyu atau agama berkitab langit, mengisahkan alur hidup manusia pilihan Tuhan yang tergambarkan sebagai manusia yang tak memiliki rasa gentar terhadap hantaman kekuatan dunia yang maha dahsyat...Pahlawan Tauhid, Bapak para Nabi, Kekasih Tuhan, serta Khalifah-Nya. Dialah sang Nabi Ibrahim as.
Didalam al-Quran al-karim, legenda perjuangannya dikisahkan sedemikian dahsyat, dalam kisahnya dituturkan bagaimana tahap2an dalam proses pencapaian dirinya terhadap maqam Khalifah...bagaimana dirinya harus berkorban dan mengusung derita untuk ditetapkan dan dianugrahi jabatan kedudukan penciptaan....Khalifatullah...!?
Deretan kemashurannya tiada pernah dirantaikan terhadap kedudukan agung puncak insan ini, karena pandangan sebagian besar akal terhadap kedudukan khalifah hanya sebatas duniawi atau urusan administratif atau urusan penataan suatu geografis dari kewilayahan kekuasaan...
Tuhan sebenarnya telah memberikan persyaratan terhadap kedudukan kekhalifahan yang dicanangkan-Nya, yakni dengan ukuran minimal sebagaimana kualitas sang nabi kekasih-Nya...Ibrahim as.
Sebenaranya adalah jelas dan gamblang dalam masalah kekhalifahan ini, namun sebagian umat Ahmad saw, telah mengaburkannya dengan upaya pribadinya atau bahkan warisan leluhur yang telah berhasil menobatkan dirinya dalam kancah nama..... khalifah....warisan itu adalah, demokrasi, dewan suro dan penetapan dari garis keturunan yang urut.
Ketika setiap akal merunut atau menelusuri dengan memahami deretan hikmat dari perolehan maqam Ibrahim as, maka dirinya akan mudah untuk menemukan sosok yang pantas untuk tertenggerkan dalam kedudukan .....Khalifah Nabi...Khalifah Tuhan.....sehingga setiap akal akan melihat terangnya cahaya kekhalifahan dari wujud insan yang bersyaratkan kualitas Ibrahimi....

Tidak ada komentar: